Tren Konsumsi Daging Olahan di Indonesia

Oleh: Dr. agr. Tina Nurkhoeriyati, S.T.P., M.Sc.

 

Ilustrasi oleh: Jeremiah Nathanael

Seperti apa tren konsumsi daging olahan di Indonesia?

Daging olahan merupakan salah satu produk yang cukup populer dikonsumsi di tengah masyarakat Indonesia.  Beberapa jenis daging olahan, diantaranya adalah: bakso, nugget, sosis, kornet, burger, rolade, daging luncheon, dan daging asap.

Menurut NAMPA (National Meat Processor – Indonesia), industri pengolahan daging memiliki prospek yang cukup baik. Hal tersebut senada dengan data yang disajikan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) yang telah dirangkum oleh penulis sebagai berikut:

Sumber:

  1. Rata-rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Makanan dan Minuman Jadi Per Kabupaten_kota, 2018-2020
  2. Rata-rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Makanan dan Minuman Jadi Per Kabupaten_kota, 2021-2023

https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjEwNCMy/rata-rata-konsumsi-perkapita-seminggu-menurut-kelompok-bahan-minuman-per-kabupaten-kota–satuan-komoditas-.html. Diakses pada 07.02.2024.

Berdasarkan gambar di atas, tren konsumsi daging olahan di Indonesia secara umum, terus meningkat setiap tahunnya. Akan tetapi, pada periode Tahun 2020-2022, terjadi fluktuasi, mungkin berhubungan dengan adanya pandemi COVID-19.

Apabila dikaitkan dengan rata-rata PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) perkapita periode 2018-2022 (atas dasar harga konstan) pada masing-masing kabupaten/ kota, secara umum, kabupaten/ kota terkaya berada di atas median ranking rata-rata konsumsi (total kabupaten/ kota yang memiliki data rata-rata konsumsi daging olahan = 506). Namun, kabupaten/ kota dengan PDRB relatif lebih rendah juga secara deskriptif terlihat tersebar di atas median ranking rata-rata konsumsi sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:

Sumber:

  1. [SERI 2010] PDRB Atas Dasar Harga Konstan (2010=100) Menurut Pengeluaran Kabupaten_Kota, 2016-2018
  2. [SERI 2010] PDRB Atas Dasar Harga Konstan (2010=100) Menurut Pengeluaran Kabupaten_Kota, 2019-2021
  3. [SERI 2010] PDRB Atas Dasar Harga Konstan (2010=100) Menurut Pengeluaran Kabupaten_Kota, 2022

https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjE5NCMy/-seri-2010–pdrb-atas-dasar-harga-konstan–2010-100–menurut-pengeluaran-kabupaten-kota.html. Diakses pada 07.02.2024.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa rata-rata konsumsi daging olahan di Indonesia memiliki tren yang meningkat seiring dengan waktu. Kemudian, secara umum, kabupaten/ kota dengan rata-rata konsumsi daging olahan tertinggi tidak terbatas pada kabupaten/ kota dengan rata-rata PDRB tertinggi. Dengan demikian, usaha di bidang daging di Indonesia olahan memiliki prospek yang baik.

Prodi Food Technology Binus University menawarkan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mempelajari diantaranya: teknologi pengolahan pangan (termasuk hewani-daging), karakteristik bahan pangan (termasuk hewani-daging), kemasan, pelabelan dan umur simpan pangan, hukum dan regulasi pangan serta program pengayaan seperti kewirausahaan. Sehingga, dapat memberikan bekal bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami usaha di bidang pengolahan daging setelah lulus nanti.