Gabby Linggo merupakan mahasiswa Food Technology Universitas Bina Nusantara (Binusian 2024) yang sedang menjalani Internship Track Enrichment Program di semester 6 ini. Gabby berkesempatan mengikuti kegiatan magang di Taiwan melalui kegiatan TEEP. Yuk simak selengkapnya testimoni Gabby!

Hallo! Namaku Gabby Linggo, Binusian 2024, jurusan Food Technology di Binus University. Pada semester 6 ini, aku mengambil track enrichment internship dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti internship di bawah program TEEP (Taiwan Education Experience Program) di National Pingtung University of Science and Technology (NPUST), Taiwan. Pada program ini, aku mendapatkan pengalaman baru untuk melakukan research di laboratorium salah satu professor dari Department of Food Science. Kegiatan research yang kulakukan sehari-hari pada umumnya adalah membantu mahasiswa master degree untuk melakukan penelitiannya. Selain itu, aku juga diberikan kesempatan untuk mengajukan topik research yang aku inginkan, Berhubung topik yang sedang diangkat oleh Department of Food Science NPUST saat ini adalah “Food extrusion”, maka aku menjalani research terkait pembuatan inovasi healthy snack, yaitu adlay puff snacks with addition of moringa. Tentunya, dengan melakukan research ini, aku diberikan kesempatan untuk belajar banyak terkait alat laboratorium dan eksperimen yang belum pernah aku lakukan sebelumnya. Selain itu, aku juga mengikuti seminar class setiap hari rabu, yaitu sesi dimana mahasiswa master degree akan melakukan seminar presentasi terkait experiment yang dilakukannya. Tidak hanya itu, kegiatanku di Taiwan tidak hanya sebatas eksperimen di lab, tetapi juga explore berbagai tempat di Taiwan bersama orang-orang baru yang kukenal disini.

Kesan/pesan mengikuti internship abroad

Sebagai mahasiswa research intern abroad di Taiwan, aku mendapatkan banyak sekali pengalaman. Pengalaman tersebut tentunya sangat berarti dan mengasah banyak soft skills yang aku punya, terutama dalam bersosialisasi dan beradaptasi. Menjalankan sesuatu yang baru di lingkungan yang baru tentunya mendorongku untuk beradaptasi dan berkenalan dengan banyak orang baru, mulai dari local students Taiwan, hingga international students lainnya. Selain itu, pengalaman eksperimen di laboratorium juga tentunya meningkatkan lab skills yang aku punya. Banyak sekali ilmu yang aku dapatkan selama melakukan research di NPUST. Semua pelajaran yang aku dapatkan selama melakukan research intern pastinya sangat berharga dan aku sangat bersyukur karena mendapatkan kesempatan ini.

Apa sih TEEP itu?

Nah untuk kalian yang penasaran mengenai program TEEP, kalian bisa kunjungi https://teep.studyintaiwan.org/ . Siapa nih mahasiswa Food Technology BINUS yang termovitasi menyusul jejak Gabby untuk magang di Taiwan?