Selamat datang di website resmi program studi Teknologi Pangan (Food Technology), Universitas Bina Nusantara. Program studi Teknologi Pangan didirikan pada 27 Februari 2014 dan berada di bawah Fakultas Teknik. Visi kami adalah menjadi program studi Teknologi Pangan berkelas dunia, membina dan memberdayakan masyarakat melalui teknologi digital untuk inovasi pangan. Berorientasi pada inovasi pangan, program studi Teknologi Pangan BINUS bukan hanya tempat untuk menimba ilmu, keahlian, dan profesionalitas di bidang industri pengolahan pangan, tetapi juga tempat yang cocok untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha (foodpreneur).  

Di program studi Teknologi Pangan BINUS, kurikulum didesain mengacu pada Institute of Food Technologist (IFT) – sebuah forum teknolog pangan dunia dan rekomendasi Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). Dalam kurikulum tersebut, mahasiswa akan belajar kimia dan analisis pangan; biokimia pangan dan gizi; keamanan dan mikrobiologi pangan; pengolahan dan teknik pangan, serta aplikasi ilmu pangan. Kompetensi di bidang tersebut akan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk dapat berkarya di posisi-posis strategis pada industri pangan, instansi pemerintah, akademisi atau pusat riset, maupun untuk menjadi wirausaha. Selain itu, dengan BINUS 3+1 Enrichment Program, mahasiswa Teknologi Pangan BINUS akan memiliki pengalaman di luar kampus selama dua semester melalui program seperti magang industri (internship), pertukaran pelajar ke universitas di luar negeri (study abroad), program kewirausahaan (entrepreneurship), riset (research), pengembangan komunitas (community development), specific study independent, dan program percepatan lanjut studi (further study). Pengalaman tersebut sangat penting untuk mengasah kepemimpinan, memupuk softskill dan mempersiapkan generasi yang siap beradaptasi dengan dunia profesional setelah lulus. 

Kegiatan belajar dan penelitian di program studi Teknologi Pangan BINUS ditunjang dengan dosen dan staf yang ahli di bidang teknologi pangan, serta fasilitas laboratorium yang modern, perpustakaan, dan sistem IT yang dirancang untuk menjawab tantangan industri pangan modern dan kebutuhan bisnis pangan. Kami menyambut segala bentuk kerjasama akademik di tingkat nasional, regional dan internasional untuk menyediakan dan mengadopsi program pendidikan internasional di bidang Teknologi Pangan. 

 

Be with us to feed the world with tasty, healthy, nutritious and safe food… 

Ir. Diana Lo, S.TP, M.Sc., PhD., IPM