Dalam menjalani program enrichment 3+1 BINUS University, mahasiswa Food Technology diberikan kesempatan untuk memilih track enrichment, salah satunya adalah study abroad dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengeksplor dan menambah wawasan dengan menjalani perkuliahan di luar negeri. Saya, Rahel Christianty, merupakan salah satu mahasiswa yang berkesempatan untuk menjalani study abroad di Kaunas University of Technology (KTU) di kota Kaunas, Lithuania selama satu semester.

Kaunas University of Technology (KTU) merupakan salah satu universitas terkemuka di Lithuania yang sudah berdiri selama satu abad ini menyediakan berbagai studi yang meliputi teknik, teknologi, ilmu fisika dan sosial, humaniora dan seni. KTU memiliki perjanjian kerjasama dengan lebih dari 350 institusi pendidikan tinggi di 50 negara di dunia dimana salah satu perwakilan dari Indonesia adalah BINUS University. Di KTU, saya memilih untuk mengambil jurusan kuliah Food Science and Technology. Namun, meskipun saya berkuliah di jurusan Food Science and Technology, saya diberikan kebebasan untuk mengeksplor bidang lain dengan memilih mata kuliah dari jurusan lain. Dengan demikian, selain mempelajari bidang Food Science, saya juga mengeksplor pengetahuan saya dengan mempelajari mata kuliah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis melalui matkul Sustainable Development.

Selain dunia perkuliahan, saya banyak sekali mendapatkan hal dan pengalaman baru selama hidup sebagai mahasiswa Indonesia di Lithuania. Negara di Northern Europe ini cenderung terdengar asing di masyarakat Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan jumlah orang Indonesia yang tergolong sedikit untuk ditemui di negara ini dimana hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk hidup di tengah lingkungan dan budaya yang baru, ditambah saya merupakan satu-satunya mahasiwa Indonesia di Kaunas University of Technology (KTU). Namun, KTU memiliki komunitas mahasiswa internasional yang sangat kuat sehingga memudahkan saya untuk berteman dengan banyak orang baru dari berbagai negara.

Melalui program study abroad ini, saya juga banyak mempelajari kultur di Eropa yang sangat berbeda dari kultur di Indonesia, mulai dari perbedaan makanan, arsitektur gedung, hingga perbedaan temperatur. Selain itu, saya juga berkesempatan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada teman-teman internasional lainnya. KTU sendiri pun sangat mendukung para international student untuk mengeksplor negara Lithuania dan negara-negara eropa lainnya dengan mengadakan berbagai trip yang dapat diikuti oleh para mahasiswa.