Penyuluhan Kesehatan untuk Anak Stunting dan Gerakan Ibu Tangguh Anak Cerdas (GITAC)

Desa Wairasa yang berlokasi di kecamatan sumba, merupakan salah satu desa penerima bantuan sumbur bor untuk program air bersih dari Yayasan Donders bekerjasama dengan Binus University. Selain sulitnya akses terhadap air bersih, masyarakat di desa ini juga mengalami angka stunting yang cukup tinggi ditambah dengan permasalahan kesehatan lainnya yang berhubungan dengan sanitasi dan kebersihan terutama dalam pengolahan danpersiapan pangan.
Pengolahan pangan yang baik adalah pengolahan pangan yang mengikuti prinsip-prinsip pengolahan pangan yang baik dan benar dengan menerapkan cuci tangan, pencegahan kontaminasi silang, proses pemasakan (suhu panas) yang benar atau proses penyimpanan (suhu dingin) yang tepat juga diberikan dalam materi penyuluhan. Bahaya kontaminasi baik dari bakteri, virus, maupun mikroorganisme lainnya juga dipaparkan kepada para peserta penyuluhan. Pembahasan mengenai stunting juga dikupas dengan terperinci berserta bagaimana cara pencegahan nya dalam 1000 hari kehidupan pertama atau pada saat usia anak berada dibawah dua tahun. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi yang berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama (kronik). Umum nya kondisi stunting terjadi akibat kekurangan gizi baik makro maupun mikro pada seribu hari pertama kehidupan anak. Seribu hari kehidupan ini dihitung pada saat kehamilan, sehingga total 1000 hari kehidupan pertama adalah selama Sembilan bulan usia kehamilan ibu ditambah dengan saat anak masih dibawah 2 tahun (baduta).
Permasalahan-permasalahan ini dialami oleh mitra, ditambah dengan sulitnya akses akan air bersih dan tingkat ekonomi yang masih rendah membuat permasalahan yang berhubungan dengan sanitasi, kebersihan, kesehatan dan gizi serta pengolahan pangan menjadi penting dan diperlukan terutama oleh masyarakat sumba yang merupakan daerah mitra. Penyuluhan ini juga diberikan kepada perwakilan Yayasan Donders dan akan diteruskan kepada kader-kader terkait.

Kata kunci: penyuluhan, air bersih, sanitasi, kesehatan, stunting, kebersihan, pengolahan pangan