Edukasi Gizi Masyarakat Kelurahan Panunggangan Kota Tangerang: Mengenal Indeks Massa Tubuh dan Gizi Seimbang untuk Keluarga

01 | Latar Belakang

Kesehatan merupakan kunci dan modal utama bagi manusia untuk dapat beraktivitas secara produktif. Peningkatan kesehatan masyarakat dalam skala makro akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Guna mencapai tingkat kesehatan yang tinggi sebagai bekal membentuk Sumber Daya Manusia (SDM), edukasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan.¬†Selain COVID-19, tantangan kesehatan masyarakat pada umumnya adalah Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti jantung koroner, diabetes, hipertensi, obesitas, stroke, rematik, dsb.. “PTM merupakan penyakit yang tidak disebabkan oleh infeksi mikroorganisme seperti protozoa, bakteri, jamur, maupun virus”. Jenis penyakit tersebut menyumbang 70% kematian di dunia. Salah satu pendekatan untuk menanggulangi masalah kesehatan yang berkaitan dengan PTM adalah menjaga keseimbangan asupan gizi. Selain itu, masyarakat perlu mengenal parameter seperti Indeks Massa Tubuh atau yang lebih dikenal dengan Body Mass Index (BMI). BMI dapat menjadi salah satu indikator yang sederhana bagi masyarakat untuk mengevaluasi profil gizi.

02 | Solusi yang Ditawarkan

Menyadari pentingnya pengetahuan dan penerapan gizi seimbang serta cara mengukur BMI, program studi Teknologi Pangan merasa sangat perlu untuk mengadakan edukasi ke masyarakat. Edukasi gizi ditujukan khususnya kepada masyarakat di area Universitas Bina Nusantara Kampus Alam Sutera, yaitu di Kelurahan Panunggangan, Kota Tangerang. Kegiatan “Edukasi Gizi Masyarakat Kelurahan Panunggangan Kota Tangerang: Mengenal Indeks Massa Tubuh dan Gizi Seimbang untuk Keluarga” dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan langsung di masyarakat. Sosialisasi diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan profil kesehatan keluarga.

03 | Tujuan

  • Mampu menghitung berat badan ideal anggota keluarga
  • Memahami penting nya kesadaran gizi di dalam lingkup keluarga inti
  • Mampu membedakan makanan sehat dan tidak sehat beserta cara pengolahannya yang dapat diterapkan dalam keluarga

04 | Kegiatan

Nama Kegiatan Edukasi Gizi Masyarakat Kelurahan Panunggangan Kota Tangerang: Mengenal Indeks Massa Tubuh dan Gizi Seimbang untuk Keluarga
Target Partisipan 10 orang
Hari, Tanggal Rabu, 20 April 2022
Waktu 15.00 – 17.00 WIB
Rincian Kegiatan Penyuluhan secara langsung disertai dengan latihan
Panitia / Pengisi Acara Dr. Dwiyantari Widyaningrum, S.Si, M.Si. (Pembicara) Fathyah Hanum Pamungkaningtyas, S.TP., M.Sc. (Pembicara) Teach For Indonesia/TFI (Panitia)

07 | Pelaksanaan

Kegiatan berlangsung pada Rabu, 20 April 2022. Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan timeline dimulai pada pukul 15.00 WIB dan bertempat di Balai/Saung RW 01. Penyuluhan dibuka dengan sambutan oleh Ibu Elisa Laura M. dari Community Program TFI dan disusul sambutan oleh Bapak Lurah Panunggangan. Materi awal disampaikan oleh Ibu Dr. Dwiyantari Widyaningrum, S.Si., M.Si. mengenai Body Mass Index (BMI) dan Berat Badan Ideal. Ibu Dwiyantari mengajarkan pentingnya memonitor berat badan. Berat badan yang berlebih dapat memicu peningkatan risiko penyakit tidak menular (PTM) seperti obesitas, jantung koroner, hipertensi, dsb. Selain itu cara menghitung BMI juga dipraktekkan. Selanjutnya berkaitan dengan gizi seimbang untuk keluarga, Ibu Fathyah Hanum, S.TP., M.Sc. memulai dengan food diary. Di dalam food diary tercantum informasi menu makanan dan minuman yang dikonsumsi pada hari sebelumnya. Pilihan menu makanan keluarga dan kebiasaan konsumsi serta aktivitas berkaitan erat dengan profil gizi dan kesehatan. Masyarakat juga belajar pengaruh pengolahan terhadap gizi.