Alumni Sharing “Being A Professional at Work” – Food Technology BINUS University

 

Pada Sabtu, 26 September 2020 telah diadakan acara Alumni Sharing sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Industry Insight – Food Technology. Pembicara pada acara ini Alumni Food Technology, BINUS University yang telah menjadi professional pada Industri FMCG di Perusahaan Multinasional, yaitu:

Claresta Constantine (Food Technology 2019), Assistant Brand Manager, DANONE

Meline Lavinia (Food Technology 2019), Quality Control Specialist, PT. Essence Indonesia (IFF)

Ronaldo (Food Technology 2018), Brand Manager Executive Tropicana Slim, NUTRIFOOD

Acara diadakan secara online menggunakan zoom meeting yang diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Food Technology Angkatan 2020, 2021, 2022, 2023, dan 2024 dengan total peserta 210 orang. Acara tepat dimulai pukul 10.00 WIB yang diawali dengan doa pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan singkat dari Bu Diana Lo, S.TP., M.Sc., Ph.D selaku Head of Food Technology Department. Acara dilanjutkan dengan presentasi berupa sharing dari tiap-tiap pembicara yang mana mengangkat topik Professionalism dari sisi fresh graduate. Selanjutnya, sesi tanya jawab dilakukan antara pembicara dan peserta.

Hal-hal yang diangkat pada Alumni sharing ini adalah kunci menjadi seorang professional yaitu Adaptive, Agile, dan Attitude. Ketiganya juga membagikan masa terberat ketiga bekerja yaitu di masa-masa awal bekerja (probation). Banyak hal baru dan ritme yang berbeda menjadikan tantangan bagi seorang fresh graduate. Selain itu, para alumni juga memberikan tips dalam berkomunikasi di dunia professional. Ketiga sepakat bahwa kuncinya adalah “Know your audience” bahwa Teknik komunikasi ke sesame kolega, supervisor, dan klien memiliki pendekatan yang berbeda. Di akhir ketiga pembicara membagikan motivasi kepada semua mahasiswa untuk terus semangat terutama dalam mengembangkan diri terutama mencoba hal baru diluar kegiatan akademik.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh mahasiswa. Dari respon mahasiswa didapatkan bahwa 70% mahasiswa mengatakan bahwa topik alumni sharing yang dibawakan dan 75% mahasiswa mengatakan bahwa topik yang dibawakan sangat bermanfaat.

Sekali lagi, terima kasih kepada pada Alumni yang sudah membagikan pengalamannya. Sampai jumpa di acara berikutnya.