Food Technology and Milk Science:

Pada tanggal 15 Agustus 2018, jurusan Food Technology diwakili oleh  Subject Content Coordinator Bapak Ata Aditya Wardana, S.TP, M.Si (topik Food Technology & Milk Science) mendapat kunjungan dari SMA Global Prestasi. Pak Ata pun memberikan edukasi dan sosialisasi tentang peran dan ilmu yang dipelajari di Foodtech sehingga peserta meskipun masih kelas 10 memiliki pencerahan jika nantinya mereka meilih jurusan Foodtech.

Para siswa mendapatkan wawasan bahwa jurusan foodtech berbeda dengan cullinary art (tata boga). Terdapat berbagai macam disiplin ilmu yang wajib dipelajari di dalam Foodtech diantaranya; kimia, mikrobiologi, tekhnik, regulasi pangan, manajemen mutu, statistik, gizi, fisika, dan biokimia. Semua disiplin ilmu yang saling melengkapi tersebut diperlukan untuk memproduksi produk pangan yang bermutu dan aman. Para siswa juga mendapatkan pencerahan tentang peran Foodtech yang dapat dirasakan oleh kita semuanya diantaranya teknologi pengemasan pangan, pendugaan umur kadaluarsa produk, pelabelan dan penentuan informasi nilai gizi dan pengembangan produk.

Contoh produk yang dibahas pada kesempatan itu adalah susu dan olahannya. Susu pasteurisasi dan UHT merupakan contoh pengolahan susu yang menggunakan suhu tinggi sehingga mikroba patogen dan pembusuk dapat dimusnahkan, sebagai konsekuensinya umur simpan susu menjadi semakin panjang. Sedangkan, yoghurt dan probiotik merupakan salah satu aplikasi teknologi pangan dalam mengolah susu yang memanfaatkan mikroorganisme atau dikenal dengan teknologi fermentasi. Mikroorganisme yang dimanfaatkan diantaranya jenis Lactobacillus, Streptococcus, dan Bifidobacterium. Selain itu, juga dijelaskan bahwa beberapa orang tertentu tidak dapat mengkonsumsi susu dikarenakan menderita lactose intolerance. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan yaitu mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi.

 

 

Tertarik serunya jurusan Food Technology Binus University? Ayo #GabungBINUS!

http://line.me/ti/p/%40gabung_binus

Save

Save