Manfaat Kefir

Kefir, minuman susu fermentasi seperti yoghurt dibuat dengan dengan butir kefir. Ini berasal di Rusia dan ditandai dengan tekstur lembut yang, rasa tart dan buih soda. Kefir populer di Eropa Timur, di mana umumnya digunakan sebagai bahan dalam makanan yang dipanggang seperti roti sourdough, sering digunakan sebagai pengganti buttermilk. Karena nilai gizi yang tinggi, namun, kefir paling dikenal sebagai suplemen kesehatan.

Harap dicatat bahwa manfaat yang tercantum di bawah ini berlaku untuk kefir yang berasal dari susu hewan. Profil gizi kefir yang terbuat dari susu nabati akan berbeda, meskipun keafiatan keseluruhan dipertahankan

kefir1Gambar 1.Butir kefir (skala bar: 15 mm).

Manfaat kesehatan

Kaya akan probiotik – Menurut artikel di situs Cenegenics Medical Institute, Jacksonville, kefir mengandung antara 7-10 milyarCFU bakteri menguntungkan. Beberapa bakteri ini, seperti Leuconostoc, Lactobacillus caucasus, Torula kefir dan Saccharomyces kefir, tidak dapat ditemukan dalam yogurt, sedangkan bakteri pada kefir yang ditemukan dalam yoghurt lebih ampuh / berpengaruh dalam kefir.

Mikroorganisme penting yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, bakteri menguntungkan ini seringberkoloni kembali  di dalam sistem pencernaan kita dengan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dalam saluran usus. Selanjutnya, kultur ini dapat membantu produksi vitamin B12 dan K (yang mengandung kefir).

Dapat membantu penderita laktosaintoleran– Karena difermentasi, kefir hampir bebas akan  laktosa dan karena itu bermanfaat bagi individu penderita intoleransi laktosa. Menurut suatu studi  yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, misalnya, kefir dapat mengurangi banyak gejala yang terkait dengan intoleransi laktosa, seperti perut kembung, diare dan gas.

Meningkatkan kadar gula darah – Seperti susu, kefir rendah pada indeks glikemik dan dapat membantu mengatur jumlah insulin yang diproduksi oleh pankreas. Selain itu, makanan dengan indeks glikemik rendah seperti kefir telah dikaitkan dengan meningkatkan rasa cepat kenyang sehingga membantu penurunan berat badan.

Sumber protein yang baik – Satu cangkir kefir terbuat dari susu yang mengandung sekitar 10 gram protein, termasuk semua delapan asam amino esensial. Karena alasan inilah, banyak binaragawan ingin menambahkan kefir untuk kelancaran pra-latihan mereka. Kefir akan bercampur baik terutama dengan sirup gula molasses, pemanis bergizi yang membantu menyamarkan rasa asam kefir ini.

Kaya nutrisi– Meskipun kefir terutama dikonsumsi untuk probiotik dan proteinnya, juga bernilai untuk vitamin dan mineral. Satu cangkir kefir, misalnya, mengandung 10 persen dari RDI (recommended daily intakes) /asupan harian yang direkomendasikanvitamin A, 25 persen dari RDI vitamin D, 30 persen dari RDI kalsium dan 8 gram lemak (yang 5 g lemak jenuh). Hal ini juga mengandung berbagai jumlah fosfor, zat besi, magnesium, mangan, kalium dan tembaga. Alhasil, konsumsi kefir dalam waktu jangka panjang dikaitkan dengan peningkatan kulit dan rambut, baik untuk kesehatan jantung dan kekebalan tubuh / imun, pengobatan sembelit dan menghilangkan keinginan ngemil makanan yang tidak sehat.

 

Daftar pustaka

Fatih Yildiz. 2010. Development and manufacture of yogurt and other functional dairy products. CRC Press Taylor & Francis Group 6000 Broken Sound Parkway NW, Suite 300 Boca Raton

http://www.probiotic.org

http://www.ncbi.nlm.nih.gov
http://science.naturalnews.com

http://www.cenegenicsjax.com

Azmier Adib