Seminar Internasional Food Technology – The Role of Science and Technology in Promoting Food Quality, Safety and Nutrition Toward Food Sovereignty

Pada tanggal 21 Agustus 2014, telah diselenggarakan kegiatan seminar internasional jurusan Food Tech yang bertemakan The Role of Science and Technology in Promoting Food Quality, Safety and Nutrition Toward Food Sovereignty. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula lantai 9, Alam Sutera Bridging Campus. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan peran komprehensif Ilmu dan teknologi Pangan dalam sustainable food security, untuk membuka wawasan terkait keamanan pangan, ketahanan pangan dan gizi menuju kedaulatan pangan di Indonesia. Selain itu, seminar ini juga diselenggarakan untuk mengumpulkan masukan dari para ahli Food Technologist dalam pengembangan penelitian, serta untuk menarik perhatian dalam mengeksplorasi keanekaragaman hayati Indonesia untuk mengoptimalkan penyediaan bahan makanan bagi masyarakat.
Kegiatan ini ini melibatkan para pakar di bidang Food Technology sebagai narasumber yaitu: Prof Diane M Barret PhD (UC Davis, USA), Dr. Roy Sparringa (BPOM-RI), Prof Hidefumi Yoshii (Kagawa University, Japan), Prof Dedi Fardiaz (SEAFAST Center, Dept ITP-IPB), Prof. Kapti Rahayu Kuswanto (Unisri, UGM), Prof Rindit Pambayun (PATPI, Unsri), dan Dr. Ingrid S Surono sebagai Head of Food Technology Program ? Binus University.
Selain itu, dalam acara ini juga dilakukan book launching karya Ingrid S.Surono, PhD., Priyo Waspodo, M.Sc., dan Prof. Bahtiar S. Abbas, Ph. Yang berjudul ?Riset dan Pengembangan Produk Baru : Konsep dan Metode Praktis untuk Industri Pangan?.
Kegiatan seminar internasional dan launching buku ini diikuti oleh para ketua program studi/dosen Teknologi Pangan dari beberapa propinsi di Indonesia, pihak industry, dan para mahasiswa jurusan Teknologi Pangan.

Kegiatan ini juga disponsori oleh PT. DuPont Agricultural Indonesia, Danone Institute Indonesia, dan PT Indofood Sukses Makmur.