Pengabdian masyarakat “Global Handwashing Day” telah dilaksanakan oleh Jurusan Teknologi Pangan bekerja sama dengan Jurusan Arsitektur Universitas Bina Nusantara. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan kesehatan pada anak usia dini melalui budaya mencuci tangan dengan menggunakan sabun di lingkungan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan pada tanggal 6-15 Oktober 2014.

Terdapat 3 kegiatan yang dilaksanakan pada pengabdian masyarakat antara lain
-Pembuatan fasilitas wastafel di SDN 01 di Tomang
-Lomba gambar di sekolah SDN 01 dan SDN 09
-Ceramah mengenai kesehatan bagi guru-guru SD.

Pembuatan wastafel dilaksanakan dosen Arsitektur oleh Ir. Widya Katrina MM pada tanggal 6-12 0ktober 2014 dan diresmikan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas (Dr. Ir. J. F. Bobby Saragih, M.Si) pada tanggal 17 Oktober 2014. Selain itu, terdapat juga mahasiswa Jurusan Arsitektur (Yoana) yang juga berkontribusi dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini dalam pembuatan Poster Hands Washing Days.

Kegiatan belajar mencuci tangan disampaikan oleh Dosen Teknologi Pangan oleh Dr. Nesti Sianipar dan Wiwit Amrinola, S.TP., M.Si. terhadap anak-anak SDN01 dan SDN09 Tomang. Kegiatan lomba menggambar yang telah dilaksanakan di SDN 01 dan 09 Tomang diadakan 13 Oktober 2014 dengan peserta dari kelas 1 hingga sampai kelas 6 SDN01 dan SDN09 Tomang.  Pada perlombaan menggambar di kedua sekolah tersebut, terdapat 35 mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Bina Nusantara pada penjurian untuk pemenang lomba menggambar. Dari perlombaan menggambar diperoleh 3 peringkat terbaik yaitu juara 1 hingga juara 3 setiap kelas. Pada tanggal 17 Oktober diumumkan pemenang tiap kelas di kedua sekolah tersebut. Juara 1 diberikan hadiah susu 4 kotak, juara 2 mendapat 3 kotak, dan juara 3 memperoleh 2 kotak. Hadiah susu tersebut merupakan sponsor dukungan dari PT. Sari Husada.
Pada kegiatan tersebut dilakukan juga ceramah kepada guru-guru SD pada tanggal 14 Oktober 2014 di kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara. Kegiatan ceramah disampaikan oleh Dr. Ingrid S.Surono dengan tema “Higienitas dan Kesehatan Diri” dan Bapak Dr. Ir. J. F. Bobby Saragih menyampaikan tentang “Sekolah Ramah Anak”. Kegiatan ini sangat perlu untuk meningkatkan kesadaran anak anak terhadap kebersihan tangan untuk meningkatkan kesehatan yang sangat berguna bagi masyarakat.

IMG_6361 IMG_4957

IMG_5318

IMG_6104