Galaxy shorbet – Educational outreach pada kunjungan SMA St. Laurensia, Tangerang

Untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan jurusan Food Technology, Binus University, maka dilakukanlah demonstrasi pembuatan suatu produk makanan inovatif yaitu Galaxy Shorbet di Kampus Binus Alam Sutera kepada siswa SMA St. Laurensia, Tangerang.

Galaxy shorbet merupakan suatu karya inovatif oleh mahasiswa Binusian 2020 (angkatan 2016) yang mengkombinasikan shorbet, es krim, dan ekstrak teh bunga telang (butterfly pea tea) sebagai suatu pewana makanan yang responsive terhadap perubahan pH. Ekstrak teh bunga telang memiliki kandungan zat warna alami yaitu antosianin yang pada pH= 7 berwarna biru. Sedangkan saat pH= 3, ekstrak tersebut menjadi berwarna ungu. Demikian pula Galaxy Shorbet ini kemudian berubah warnanya dari biru menjadi ungu saat diberi ekstrak lemon yang bersifat asam.

Penjelasan mengenai pigmen antosianin disampaikan oleh Bapak Dave Mangindaan, ST, MT, PhD.

Demonstrasi ini mengedukasi calon mahasiswa menggabungkan aspek indikator pH dan inovasi pangan, yang diharapkan menjadi bisa membuat masyarakat sadar dan tertarik akan jurusan Food Technology, Binus University. Demonstrasi ini pun bertindak sebagai suatu pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dengan pemberian kebebasan penuh dan bertanggungjawab.

  

Tertarik serunya jurusan Food Technology Binus University? Ayo #GabungBINUS! http://line.me/ti/p/%40gabung_binus