People Innovation Excellence

Food Technology and Milk Science @Binus International School Serpong

Food Technology and Milk Science:

Dalam even tersebut, jurusan Food Technology diwakili oleh  Subject Content Coordinator Bapak Ata Aditya Wardana, S.TP, M.Si (topik Food Technology & Milk Science) dan Deputy Head of Department (Dave Mangindaan, ST, MT, PhD, topik Snack Science & Engineering). Keduanya memberikan edukasi dan sosialisasi tentang peran dan ilmu yang dipelajari di Foodtech sehingga peserta meskipun masih kelas 10 memiliki pencerahan jika nantinya mereka meilih jurusan Foodtech.

Para siswa mendapatkan wawasan bahwa jurusan foodtech berbeda dengan cullinary art (tata boga). Terdapat berbagai macam disiplin ilmu yang wajib dipelajari di dalam Foodtech diantaranya; kimia, mikrobiologi, tekhnik, regulasi pangan, manajemen mutu, statistik, gizi, fisika, dan biokimia. Semua disiplin ilmu yang saling melengkapi tersebut diperlukan untuk memproduksi produk pangan yang bermutu dan aman. Para siswa juga mendapatkan pencerahan tentang peran Foodtech yang dapat dirasakan oleh kita semuanya diantaranya teknologi pengemasan pangan, pendugaan umur kadaluarsa produk, pelabelan dan penentuan informasi nilai gizi dan pengembangan produk.

Contoh produk yang dibahas pada kesempatan itu adalah susu dan olahannya. Susu pasteurisasi dan UHT merupakan contoh pengolahan susu yang menggunakan suhu tinggi sehingga mikroba patogen dan pembusuk dapat dimusnahkan, sebagai konsekuensinya umur simpan susu menjadi semakin panjang. Sedangkan, yoghurt dan probiotik merupakan salah satu aplikasi teknologi pangan dalam mengolah susu yang memanfaatkan mikroorganisme atau dikenal dengan teknologi fermentasi. Mikroorganisme yang dimanfaatkan diantaranya jenis Lactobacillus, Streptococcus, dan Bifidobacterium. Selain itu, juga dijelaskan bahwa beberapa orang tertentu tidak dapat mengkonsumsi susu dikarenakan menderita lactose intolerance. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan yaitu mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi.

Tertarik serunya jurusan Food Technology Binus University? Ayo #GabungBINUS!

http://line.me/ti/p/%40gabung_binus

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close