Satu tahun lalu, tepatnya pada tanggal 13 April 2016, resmilah berdiri sebuah himpunan mahasiswa jurusan bernama HIMFOODTECH BINUS University. HIMFOODTECH merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Food Technology, yang merupakan wadah mahasiswa/i food technology BINUS university untuk bergerak, berkembang, berkomunikasi, berkeluarga, dan bekerjasama demi mencapai tujuan bersama. HIMFOODTECH digagas oleh 6 mahasiswa Binusian tahun 2018, yaitu Ronaldo Yolanda, Auliacitra Putri, Natasya Hermawan, Kelvin Tanidja, Selia Evany, dan Daniel Santoso.


Gambar 1. Tim Penggagas (kiri-kanan: Kelvin, Daniel, Ronaldo, Auliacitra, Natasya, Selia)

Selama 2 bulan, HIMFOODTECH mempersiapkan sebuah acara untuk memperingati hari jadi himpunan yang pertama. Ide acara jatuh kepada sebuah talkshow/seminar yang bertemakan kopi nanoteknologi, yang secara special dibawakan oleh Bapak Teknologi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Florentinus Gregorius Winarno. Acara juga akan dimeriahkan oleh Bersama Dalam Musik (BDM) untuk menutup acara. Pemilihan tanggal acara jatuh pada hari Senin, 17 April 2017 dan akan bertempat di Auditorium BINUS University Alam Sutera, gedung C lantai 5.
Pada tanggal 17 April 2017, semua panitia telah hadir dari pukul 07.00 untuk mempersiapkan secara matang pengeksekusian acara. Pada pukul 8.30, peserta mulai berdatangan dan melakukan registrasi ulang di depan auditorium. Setelah registrasi, peserta mendapatkan sebuah souvenir berupa notebook dan leaflet dan dapat memasuki auditorium. Leaflet yang diberikan berisi informasi umum dan singkat mengenai HIMFOODTECH, Launching of HIMFOODTECH, Prof. Dr. F.G Winarno, dan kopi nanoteknologi. Total peserta yang hadir sejumlah 88 peserta.
Acara dimulai pada pukul 09.30, yang dibuka oleh Auliacitra dan Ronaldo sebagai pembawa acara sekaligus moderator. Para peserta yang hadir terlihat antusias dengan acara yang diselenggarakan. Acara dimulai dengan doa pembuka dan dilanjutkan dengan penayangan video profil HIMFOODTECH dan video teaser YouTube yang akan diunggah oleh HIMFOODTECH bulan Mei ini. Tepuk tangan meriah peserta mewarnai situasi yang ada didalam auditorium ketika penayangan video selesai. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Ir. Ingrid Suryanti Surono, M.Sc (selaku Head of Department of Food Technology BINUS University), Yan Andre Peranginangin, M.Psi (selaku Student Advisory and Development Center Manager), Daniel Santoso (selaku Ketua HIMFOODTECH 2016), Putu Aditya Raga Tama (selaku Ketua HIMFOODTECH 2017), dan Rifdah ‘Alya (selaku Ketua Pelaksana).

Gambar 2. Pemberian Sambutan (kiri atas-kanan bawah: Ibu Ingrid, Kak Yan, Daniel, Putu, Rifdah)

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang dibuka dengan seminar dari Prof. Dr. F.G. Winarno. Beliau memberikan penjelasan mengenai nanoteknologi secara umum, nanoteknologi dalam bidang pangan, pengaplikasian nanoteknologi pangan, kopi secara umum, jenis kopi terbaik, dan lain-lain. Peserta terlihat sangat antusias dan mendengarkan dengan cermat, sehingga setelah seminar, dilakukan talkshow yang dipandu oleh kedua moderator, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan sesi tanya-jawab dari peserta acara. Diakhir pemberian materi, HIMFOODTECH memberikan sertifikat pembicara untuk Prof. Dr. F.G. Winarno.
Gambar 3. Seminar oleh Prof. Dr. F.G Winarno

Gambar 4. Sesi tanya jawab yang dipandu oleh kedua moderator
Gambar 5. Pemberian Sertifikat Pembicara

Setelah pemberian materi berakhir, keempat personil Bersama Dalam Musik (BDM) naik keatas panggung untuk memeriahkan acara dengan keahlian bermusiknya. Seluruh peserta menikmati sambil bernyanyi bersama. BDM membawakan beberapa lagu hits seperti “Versace on The Floor”, dan lain-lain. Penampilan BDM ditutup dengan membawakan lagu “Happy Birthday to You” yang dipersembahkan untuk HIMFOODTECH yang berumur 1 tahun. Kemudian, terdapat sesi foto bersama dengan pembicara, Prof. Dr. F.G. Winarno. Acara ditutup dengan berdoa bersama dan pamit undur diri dari kedua pembawa acara. Peserta dan tamu undangan dapat mengambil konsumsi berupa makan siang di luar auditorium.
Gambar 6. Penampilan oleh Bersama Dalam Musik (BDM)
Gambar 7. Foto Bersama dengan Prof. Dr. F.G. Winarno

Tertarik serunya berkuliah di jurusan Food Technology Binus University? Ayo #GabungBINUS, kontak langsung http://line.me/ti/p/%40gabung_binus 🙂

Save