People Innovation Excellence

Industrial visit – PT Morindo International

Jurusan Food Technology BInus University merupakan jurusan yang sangat concern terhadap kualitas pendidikan bagi mahasiswanya. Jurusan sadar bahwa perkuliahan di kampus tanpa dilengkapi dengan penerapan yang jelas di dunia nyata merupakan sesuatu yang tentu saja tidak cukup.

Oleh karena kepedulian jurusan terhadap para mahasiswa tersebut maka pada bulan Januari 2017 jurusan Food Technology bekerja sama dengan PT Morindo International mengadakan industrial visit yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka – Cikarang, bersamaan sebagai pelengkap kuliah Integrated Food Processing Laboratory.

PT Morindo International merupakan perusahaan produsen jus mengkudu/noni (nama ilmiah: Morinda citrifolia) kualitas premium dengan orientasi ekspor (tidak ada di dalam negeri). Dari nama ilmiah tersebut, datanglah inspirasi nama perusahaan PT Morindo International.

Mengkudu, noni (Morinda citrifolia)

 

 

Jus mengkudu merupakan komoditi PANGAN FUNGSIONAL yang mengandung banyak komponen fitokimia dengan parameter bioaktivitas tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan misalnya antimikroba, antikanker, antioksidan, dan kardiovaskuler. (Chan-Blanco et al., Journal of Food Composition and Analysis 19 (2006) 645–654)

 

Jus mengkudu dari PT Morindo International dihasilkan dari buah mengkudu kriteria super ORGANIK (sertifikasi Belanda) yang harus diperoleh dari kebun yang tidak tercemar polutan kimiawi maupun biologis, tanpa tercemar kotoran hewan sekalipun. Buah mengkudu super organik ini diproduksi secara higienis melalui proses produksi yang telah memiliki sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points). Selain itu proses produksi kontrol yang sudah ketat dari PT Morindo Internasional kembalu dipertajam sehingga produk jus mengkudu ini pun sudah tersertifikasi Halal oleh LPPOM MUI. Intinya, PT Morindo International merupakan industri dengan tingkat kepedulian yang sangat TINGGI untuk FOOD SAFETY.

Rombongan Binusian 2018 yang dipimpin oleh Deputy Head of Food Technology Department, Binus University, Bapak Dave Mangindaan, ST, MT, PhD disambut dengan hangat oleh Direktur PT Morindo International. Acara dimulai dengan sambutan, pemutaran video untuk penjelasan company profile, serta tinjauan pabrik.

Tinjauan pabrik meliputi 3 area utama yaitu:

  1. Penerimaan bahan baku
  2. Produksi
  3. Pengemasan dan penyimpanan

Tiga area tersebut sangat kental kaitannya dengan goal/tujuan utama perkuliahan di jurusan Food Technology Binus University, yaitu produksi produk pangan skala INDUSTRIAL. Dengan demikian lulusan jurusan Food Technology diperlengkapi dengan kompetensi di bidang #pangan, #mikrobiologi, dan yang terutama ialah #KIMIA serta #TEKNIK, serta kemampuan #managerial dan #entrepreneurship. 

Pada tahap pertama, dijelaskan mengenai proses penerimaan buah mengkudu super organik, yang harus memiliki kriteria kualitas tinggi, lalu bagaimana proses sampling kualitas mengkudu, kemudian proses perhitungan pembayaran kepada petani pemasok sesuai kualitas dan kuantitas. Sayang sekali tidak ada pemasokan buah mengkudu pada saat dilakukan industrial visit, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat dari para mahasiswa dan dosen untuk memperoleh pengetahuan baru di PT Morindo International.

Setelah proses penerimaan dan sortir buah mengkudu dilakukan, kemudian buah mengkudu memasuki proses kedua dimana buah dicuci, dan direndam selama beberapa hari di air bersih dalam tong plastik yang disegel rapat. Tujuan proses perendaman kedap ini adalah untuk memperoleh aging pada buah mengkudu sehingga aromanya tidak terlalu kuat, tanpa mengizinkan mikroorganisme dari udara mencemari jus mengkudu tersebut. Buah mengkudu yang sudah melalui perendaman beberapa hari tersebut kemudian diproses menggunakan mesin filter press canggih otomatis dari Jerman untuk memperoleh ekstrak cairan jus mengkudu dan menyingkirkan ampas buah mengkudu. Mesin ini melibatkan UNIT OPERASI mechanical separation dan juga unit operasi filtrasi. Selain itu, filter press ini pun merupakan salah satu mesin yang dipelajari pada kuliah Principles of Food Engineering, dan juga Planning and Plant Design.

Keluaran dari mesin filter press berupa cairan mengkudu kemudian disalurkan ke proses ketiga melalui sterilisasi, dan kemudian pembotolan, hot filling maupun cold filling.

Pada proses hot filling, jus panas (masih steril) dialirkan ke dalam kantung plastik yang kemudian langsung disegel dan diisi ke dalam drum 100 L. Pada proses cold filling, jus didinginkan dahulu dan kemudian diisi menggunakan mesin pembotolan pada botol kaca 750 mL. Botol-botol yang penuh kemudian disegel dan kemudian disterilkan terpisah pada kolam sterilisasi. Botol steril kemudian dikeringkan untuk diberi label.

Jurusan Food Technology Binus University sangatlah bersyukur untuk kesempatan berharga yang diberikan oleh PT Morindo International karena industrial visit ini walau singkat namun sangat sarat ilmu pangan terapan dunia nyata, komersil, dan tentu saja INDUSTRIAL. Semoga PT Morindo International sukses selalu dan makin bersaing di mancanegara dengan produk jus mengkudu kualitas tinggi.

 

Tertarik serunya jurusan Food Technology Binus University? Ayo #GabungBINUS! http://line.me/ti/p/%40gabung_binus

Save


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close