People Innovation Excellence

Bifidobacteria dan Kesehatan Usus

gambar 1

Fungsi utama dari probiotik adalah untuk mengontrol dan menjaga kesehatan saluran cerna atau usus.Dengan parafrase pepatah lama: “as the gut goes, so goes the rest of the body”.Kondisi usus berdampak signifikan terhadap setiap sel, jaringan, sistem organ di tubuh.Ketika usus sehat dengan keseimbangan bakteri menguntungkan dan bakteri yang tidak diinginkan, secara efisien mencegah zat beracun terserap oleh tubuh.Usus yang sehat juga efektif menyerap dan membantu dalam distribusi zat gizi penting dan air ke sel-sel tubuh.
Hasil riset para ahli membuktikan bahwa bifidobacteria memiliki dampak yang dramatis pada populasi bakteri usus. Sebagai contoh, peningkatan bifidobacteria dikaitkan dengan peningkatan jumlah poliamina, zat yang memainkan peran penting dalam kesehatan saluran cerna.Laktase bakteri memiliki kontrol langsung atas produksi poliamina. Poliamina berperan dalam membuat lapisan mukosa pelindung yang tebal dan kuat di saluran usus, membangun penghalang / barrier terhadap invasi mikroba pathogen atau penyebab penyakit dan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Bifidobacteria juga menyebabkan penurunan produksi haptoglobin dan mutagen, dua indikator peradangan dalam tubuh.
Mari kita lihat beberapa fungsi bifidobacteria.Bifidobacteria menetap di usus besar dan mengontrol pH dalam saluran usus.Lebih khusus, bifidobacteria membuat asam asetat yang diproduksi di usus besar dalam tubuh menjadi lebih asam, yang pada gilirannya mencegah infeksi bakteri.Asam asetat yang diproduksi oleh bifidobacteria memiliki sifat bakterisidal yang kuat dan berperan dalam melindungi mukosa usus. Bifidobacteria yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan asam asetat diketahui efektif dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh strain pathogen seperti E.coli O157serta dapatmencegah produksi zat penyebab kanker.Ketika usus menjadi lebih asam, gerakan peristaltik diaktifkan, yang membantu menghilangkan sembelit dan organisme penyebab penyakit.

gambar 2GGambar 1. Pencegahan pertumbuhan E.coli dengan adanya asam asetat (dengan
konsentrasi 0.1M, pH 6.0) (sumber: Morinaga’s Bifidobacterium strain, 2013)

gambar 3Gambar 2. Pengaruh bifidobacteria dalam mencegah infeksi O157(sumber: Morinaga’s
Bifidobacterium strain, 2013)

Bifidobacteria juga memiliki peran lain dalam kesehatan manusia. mereka:
• Produksi vitamin B-kompleks (B1, B2, B6, B12 dan asam folat), vitamin K dan asam nikotinat (niacin atau vitamin B3).
• Mengatur sistem kekebalan tubuh.
• Membantu penyerapan pencernaan dengan memecah laktosa (gula susu) menjadi glukosa dan galaktosa, bentuk yang dapat diserapoleh tubuh.
• Mengurangi kadar kolesterol darah.
• Mencegah sembelit dan diare.
• Mengatur lingkungan usus dengan mengontrol proliferasi bakteri berbahaya dan mengurangi zat beracun.
Apa yang tidak dibuat oleh bifidobacteria
Sangatlah layakdisebutkan jugayang tidak dibuat oleh bifidobacteria: zat beracun seperti amonia, amina, hidrogen sulfida, fenol dan indol, yang dihasilkan oleh bakteri berbahaya.Zat-zat ini bersifat karsinogenik dan dapat merusak hati. Mari kita lihat lebih dekat beberapa racun ini sejenak sehingga Anda dapat lebih memahami pentingnya mencegah pertumbuhan dan proliferasinya dalam saluran usus.
Amonia menurunkan keasaman dalam usus, yang menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk produksi racun dan kehidupan parasit.Zat berbahaya tersebut kemudian diserap ke dalam aliran darah dari saluran usus dan dapat menyebabkan perkembangan gangguan mulai dari flu biasa sampai kanker.Tingginya kadar amonia di dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan hati dan menyebabkan koma hepatik (kehilangan kesadaran akibat gagal hati) pada pasien yang memiliki sirosis atau penyakit hati lainnya.
Hidrogen sulfida (atau sulfida) adalah zat beracun yang dihasilkan oleh bakteri dalam saluran usus. Pembentukan hidrogen sulfida kemungkinan didorong oleh faktor makanan seperti sulfur yang mengandung asam amino (ditemukan dalam daging) dan sulfur anorganik (misalnya, sulfit, yang ditambahkan pada banyak pengawet makanan).Hidrogen sulfida banyak terlibat sebagai faktor dalam ulcerative colitis dan memiliki kemampuan untuk merusak sel-sel usus dengan berbagai cara.
Fenol merupakan metabolit asam amino yang dihasilkan oleh bakteri dalam saluran cerna. Akumulasi fenol telah dikaitkan dengan gagal ginjal.
Bifidobacteria alami di saluran cerna
Bifidobacteria hanya dapat efektif jika jumlah mereka cukup di dalam saluran cerna untuk menjaga keseimbangan terhadap bakteri jahat.Telah disebutkan bahwa ada faktor-faktor gaya hidup yang mempengaruhi jumlah bakteri menguntungkan dalam usus,tetapi unsur-unsur tertentu lainnya juga dapat mempengaruhi jumlah mereka di dalam usus. Beberapa orang, sebagai contoh, secara alami memiliki tingkat kandungan bifidobacteria yang rendah dalam usus.Individu tersebut mungkin akan merasa sulit untuk mempertahankan tingkat bakteri yang sehat dalam usus mereka jika mereka hanya mengandalkan probiotik.Perubahan pola makan dapat membantu meningkatkan kadar bakteri baik.Mengurangi jumlah biji-bijian dan gula dalam makanan dan makan makanan kaya serat. Antibiotik dapat merusak flora usus, hindari pemakain antibiotik kecuali benar-benar diperlukan.
Bahkan jika konten bifidobacteria Anda cukup pada satu saat diberikan dalam waktu, masih diperlukan untuk menelan cukup bifidobacteria setiap hari, atau keseimbangan bakteria tidak akan bertahan. Kenapa?
Ada dua alasan utama:
• Bifidobacteria menetap dan berfungsi secara efektif dalam usus tidak lebih dari tujuh hari.
• Bakteri tidak akan berkembang biak kecuali Anda menjaganya.
Bifidobacteria juga membutuhkan cukup banyak serat dan karbohidrat tertentu lainnya yang bersifat probiotik untuk memelihara mereka dan membantu mereka tumbuh dan berkembang biak. Oleh karena itu, sangat penting tidak hanya untuk mendapatkan cukup bifidobacteria setiap hari, tetapi juga untuk mengikuti diet bergizi dan mungkin dilengkapi dengan prebiotik untuk memastikan bakteri menguntungkan ini diberi makan dengan benar. Prebiotik seperti inulin dan oligofructose, yang dapat ditemukan dalam makanan atau diambil sebagai suplemen, merangsang bifidobacteria dalam saluran cerna dan juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan usus.

Daftar pustaka
Morinaga’s Bifidobacterium strain, 2013.

Lund University Faculty of Science. “The role of polyamines in cell control cycle and programmed cell death” 2011

Benno Y, Rushford S., Morinaga Milk Industry Co., Ltd 2010

Salminen S, Wright A.. Lactic Acid Bacteria: Microbiology and Functional Aspects, Second Edition, Revised and Expanded. Marcel Dekker, Inc. 1998

 

(Azmier Adib)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close