People Innovation Excellence

Freshmen Enrichment Program (FEP) – Batch 1 Binusian 2018 – Food Tech

Pada tanggal 14 – 19 Juli 2014, telah dilakukan kegiatan General Orientation (GO) Freshmen Enrichment Program (FEP) B2018 bagi batch 1 mahasiswa baru Binusian 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Alam Sutera Bridging Campus (hari Senin – Jumat) dan Alam Sutera Main Campus – akses dari ALC (hari Sabtu). mahasiswa baru Binusian 2018 jurusan Food Technology saat ini adalah 37 orang, untuk batch 1 kegiatan FEP diikuti oleh sebanyak 11 orang, BINUSIAN 2018 Food Technologi berikutnya akan mengikuti batch 2, dan 4; Batch 2 akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 10 Agustus 2014 dengan jumlah Binusian 2018 sebanyak 18 orang, batch 4 dilaksanakan pada tanggal 18 – 24 Agustus 2014 dengan jumlah Binusian 2018 sebanyak 8 orang.

Kegiatan FEP bertujuan untuk memperkenalkan visi, misi, nilai Binus University agar terbangun sikap dan perilaku positif dalam menuntaskan tugas-tugas belajar di Binus University. Kegiatan FEP sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu General Orientation, Academic Orientation, dan Campus Life Orientation.

Kegiatan General Orientation dilakukan pada tanggal 14 Juli – 31 Agustus 2014, yang terbagi untuk 5 gelombang mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sikap dan perilaku positif terhadap kehidupan kampus Binus, memperkenalkan sikap dan perilaku positif terhadap kehidupan kampus Binus, memperkenalkan kegiatan kemahasiswaan, menstimulus awareness mengenai Indonesia dan ASEAN, memperkenalkan Tata Tertib Kehidupan Kampus Binus University, dan memperkenalkan mahasiswa baru dengan Buddy Coordinator. Terdapat pula kegiatan inagurasi yang akan dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2014.

Sementara untuk kegiatan Academic Orientation sendiri akan dilakukan pada tanggal 8 – 19 September 2014. Kegiatan ini berisi study skills (Reading – Writing, Presentation, note taking), memberikan konsep dasar materi di jurusan masing-masing, pembiasaan awal mengikuti perkuliahan di Binus University khususnya di jurusan masing-masing (cara belajar), memperkenalkan tentang graduate competency dan tantangan profesi/karir, termasuk graduate attributes dan kurikulum, dan memulai kegiatan Student Advisory oleh FM.

Kemudian kegiatan Campus Life Orientation periode ganjil 2014/2015 berisi penjelasan terkait coaching/conseling/monitoring Buddy oleh Buddy Coordinator (baik online maupun offline), peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, dan membangun Social Awareness melalui program Community Development Center (CDC) dan Character Building Development Center (CBDC).

Kegiatan FEP ini wajib diikuti oleh Binusian 2018 karena selain akan mendapatkan sertifikat kelulusan FEP, dalam kegiatan tersebut memiliki nilai poin-poin yang wajib dikumpulkan oleh para Binusian 2018, yaitu: 24 poin (General Orientation), 4 poin (Inaugurasi), 33 poin (Academic Orientation), 39 poin (Campus Life Orientation). Dalam hal ini para Binusian 2018 baru akan lulus FEP jika mendapatkan minimal 85 poin dari 100 poin. Kelulusan dalam kegiatan FEP ini memungkinkan mereka menjadi DPI atau pengurus UKM /HMJ /Komunitas, menjadi Buddy Coordinator/Mentor/Tutor, dan menambah poin Student Activity Transcript (SAT). Dalam hal ini jika total point FEP yang didapatkan oleh Binusian 2018 <85, maka mereka dianggap tidak Lulus dan tidak memperoleh sertifikat FEP. Cara lain agar manfaat kelulusan FEP bisa didapatkan adalah dengan mengejar poin SAT hingga >= 120 Point, dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan di Jurusan, Center dan Organisasi Kemahasiswaan.

Dalam kegiatan FEP ini, para Binusian 2018 akan diajarkan tentang Tata Tertib Binusian 2018 dan lagu Mars Binus, serta Mars Binusian.

Para Binusian 2018 juga diagendakan untuk mengikuti acara Seminar Internasional,yang diselenggarakan oleh jurusan Food Tech sebagai bagian dari launching program baru. Seminar ber-tema-kan “The Role of Science and Technology in Promoting Food Quality, Safety and Nutrition Toward Food Sovereignty” ini akan mengundang para pakar di bidang Food Technology sebagai narasumber yaitu: Prof Diane M Barret PhD (UC Davis, USA), Dr. Roy Sparringa (BPOM-RI), Prof Hidefumi Yoshii (Kagawa University, Japan), Prof Dedi Fardiaz (SEAFAST Center, Dept ITP-IPB), Prof. Kapti Rahayu Kuswanto (Unisri, UGM), Prof Rindit Pambayun (PATPI, Unsri), Prof Purwiyatno Hariyadi (SEAFAST Center, Dept ITP-IPB), dan Dr. Ingrid S Surono sebagai Head of Food Technology Program – Binus University. Seminar ini akan diselenggarakan pada tanggal 21 Agustus 2014 di Ruang Aula Lantai 9, Alam Sutra Main Campus, BINUS University. Keikutsertaan para Binusian 2018 dalam seminar internasional ini dapat menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa, khususnya di lingkup Academic orientation, dimana mereka mendapatkan gambaran awal tentang Food Technology dan peranannya dalam meningkatkan kualitas dan keamanan pangan, juga study skill improvement yang dapat menambah poin dalam kegiatan Academic Orientation FEP. Selain itu, para Binusian 2018 juga akan dilibatkan sebagai Organizing Committee untuk kegiatan ini, sebagai salah satu cara untuk menambah pengalaman dan developing soft skills, serta mampu memberikan added value dalam mengorganisasikan seminar Internasional yang berguna bagi masa depan mereka.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close